Memilih Flashdisk atau Usb yang Benar & Tepat

TokoPromosi.com – USB (Universal Serial Bus) : Socket yang terdapat di semua PC model baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB. USB mendukung instalasi yang mudah dengan system Plug and Play, dan secara bertahap menggantikan port serial dan pararel yang lama. Perangkat USB meliputi scanner, modem dan printer.

Beberapa keunggulan USB adalah sebagai berikut.

  • USB mudah di-expand menggunakan hub USB. Pada saat kita kekurangan jumlah port USB, pasang hub, maka jumlanya akan bertambah tergantung jumlah anak si-hub tersebut.
  • Menggunakan teknik komunikasi data serial, sehingga jumlah saluran yang dibutuhkan tidak banyak. Berbeda dengan interface printer jaman dulu yang menggunakan paralel, atau interface harddisk kecepatan tinggi SCSI.

USB-FD-08-1

Bagaimana cara memilih flashdisk atau usb yang benar dan tepat ?

  • Pilih flashdisk sesuai kebutuhan

Yang pertama tama adalah pilihlah flashdisk sesuai kebutuhan, contohnya bila anda seorang traveller maka pilihlah flashdisk dengan casing yang kuat, anti air dan tahan dalam berbagai kondisi. Casing flashdisk sudah ada yang terbuat dari metal maupun karet yang kuat.

  • Perhatikan Desainnya

Jangan salah dalam memilih desain USB Flash Disk. Pilihlah sesuai dengan kriteria yang telah anda tentukan, misalkan sebagai contoh anda seorang wanita maka interface dengan motif bunga taua yang berhubungan dengan sifat feminism sangat cocok untuk anda. Bagi anda yang kerap terpaksa memakai dua slot USB secara bersamaan, maka pilihlah desain yang kecil dan jangan terlalu besar karena pada beberapa model USB Flash disk yang besar ukurannya dapat menyita slot usb yang berada di sampingnya.

  • Kapasitas Penyimpanan

Kini kapasitas Flashdisk semakin beragam tersedia di pasaran. Kapasitas yang terlampau kecil semakin sulit ditemukan, sedangkan kapasitas yang semakin besar terus bermunculan. Selain itu, harga Flashdisk pun semakin terjangkau. Nah, kapasitas Flashdisk yang mesti Anda pilih bergantung pada tujuan penggunaannya dan juga kemampuan daya beli Anda.

Sebagai gambaran, untuk keperluan transfer dokumen dibutuhkan kapasitas 1-2 GB, untuk keperluan transfer foto dan musik diperlukan kapasitas 2-6 GB, untuk transfer file film dibutuhkan 4-12 GB, lalu untuk menjalankan program-program portabel diperlukan kapasitas 1-2 GB, untuk menjaga keamanan USB flash drive Anda diperlukan ruang sebesar 1-2 GB.

  • Bahan dan Bentuk Casing Flashdisk

Bahan  dan Bentuk casing juga merupakan yang terpenting dalam pemilihan flashdisk. IT Newbie juga pernah mengalami dimana jika anda mempunyai flshdisk dan tiba-tiba terjatuh maka komponen dalam flashdisk akan berpengaruh dan mengakibatkan goncangan dan terjadi kerusakan pada komponen. Maka dari itu IT Newbie lebih memilih flashdisk yang terbuat dari karet, untuk meminimalkan kerusakan.

Author: allaboutbisnisblog

bisnis rumahan

Leave a comment