3 Jenis Investasi yang Tepat Untuk Persiapan Dana Pensiun

Kebutuhan saat masuk usia tidak produktif dibilang banyak orang akan lebih tinggi dari saat muda. Salah satu penyebabnya merupakan membengkaknya biaya perawatan kesehatan dan juga biaya hiburan. Hal itu bisa dimaklumi, alasannya saat merambah usia pensiun memanglah sudah sepatutnya hari- hari diisi dengan hiburan sambil menikmati rehat setelah puluhan tahun bekerja.

Apalagi tidak sedikit pula pensiunan yang berencana untuk bepergian keliling dunia untuk dapat merasakan pengalaman yang sewaktu muda tidak dapat dialami sebab alasan pekerjaan. Nah supaya masa pensiun kalian senang dan juga bebas finansial, ada beberapa jenis investasi yang dapat dijadikan referensi untuk menaruh kekayaan sekaligus memperoleh imbal hasil.

  1. Emas

Secara jangka panjang, harga emas jarang sekali alami penyusutan tajam. Bila mengacu pada informasi Goldprice, dalam rentang waktu 10 tahun harga emas di Indonesia sudah bertambah tajam, dari kisaran Rp450 ribu per gr jadi kisaran Rp800 ribu per gr.

Untuk kalian yang saat ini berumur 30 tahun, maksudnya masih ada peluang untuk mempersiapkan dana pensiun untuk 25 tahun ke depan. Dengan anggapan peningkatan harga tersebut, kalian dapat memperoleh imbal hasil yang lebih baik dibanding cuma menyimpannya di tabungan.

Emas pula ialah investasi yang dikenal tahan banting terhadap inflasi dan pula ketidakpastian ekonomi. Sehingga, ketika inflasi muncul, umumnya orang akan alihkan aset investasinya ke emas yang pada kesimpulannya akan mengerek harga emas ke tingkatan yang lebih tinggi lagi.

Siapapun dari kalian dapat mulai melakukan investasi emas, triknya merupakan dengan membuka rekening emas digital. Dengan begitu, kalian dapat memperoleh harga jual emas yang lebih murah dibanding membelinya secara fisik.

Ditambah, kalian dapat memulai investasinya cuma dengan 0, 01 gr, bandingkan dengan pembelian emas fisik yang minimun transaksinya merupakan 0, 5 gr. Seperti tabungan, kalian dapat dengan mudah menjualnya saat memanglah lagi diperlukan dan dananya akan langsung masuk ke rekening.

Kalian yang mau memperoleh fisik emasnya pula dapat mencetak emas yang dimiliki dengan dimensi 1- 100 gr. Dengan konsep menabung emas, kalian pula sudah mempraktikkan strategi investasi dollar cost averaging (DCA).

Cara tersebut mensyaratkan kalian terus membeli emas baik dalam seluruh keadaan, baik itu ketika harga naik maupun ketika harga turun. Dengan begitu, kalian akan memperoleh harga rata- rata yang relatif mudah untuk jangka panjang.

  1. Reksadana

Produk investasi yang pula dapat dijadikan pilihan untuk dana pensiun merupakan reksadana. Ada beberapa jenis reksadana yang dapat digunakan, mulai dari reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana kombinasi maupun reksadana pemasukan tetap.

Untuk menjauhi resiko terbentuknya penyusutan dana, pilih produk reksadana yang mempunyai tingkatan resiko sangat mini. Kalian dapat memperimbangkan produk reksadana pemasukan tetap dan reksadana pasar uang.

Reksadana pemasukan tetap merupakan jenis reksadana yang mempunyai basis investasi di surat utang.. Sementara reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana dengan basis investasi obligasi jangka pendek dan pula deposito.

Menariknya, konsep reksadana pula dapat seperti tabungan, jadi kalian dapat membeli ataupun menjualnya kapan saja. Kalian pula dapat memantau perkembangan reksadana secara langsung melalui aplikasi.

Pencairan reksadana umumnya merupakan T+2, artinya merupakan dana akan langsung masuk ke rekening optimal 2 hari setelah bertepatan pada penjualan. Jadi investasi ini sangat likuid.

  1. Saham

Cara DCA alias menabung dalam investasi pula dapat dipraktekkan dalam investasi saham. Nah sebab kalian mau memupuk dana pensiun, hingga kalian dapat memilah saham- saham yang mempunyai prospek secara jangka panjang.

Kalian dapat melakukan pembelian saham pilihan secara teratur tiap bulannya. Ketika pasar bergejolak, jangan panik. Ingat tujuan keuangan kalian, dana ini akan digunakan untuk dana pensiun yang baru akan kalian cairkan 10 ataupun 15 tahun mendatang, jadi terus jalani pembelian sehingga akan tercipta harga rata- rata.

Ada beberapa saham yang mempunyai prospek perkembangan jangka panjang. Seperti saham PT Bank Central Asia Tbk( BBC) misalnya, 5 tahun kebelakang harga saham industri ada di level Rp15. 700 per saham, tetapi saat ini saham BBCA di transaksikan di level Rp33. 400 per saham. Maksudnya dalam jangka waktu 5 tahun kalian yang mengoleksi BBCA sudah memperoleh imbal hasil lebih dari 100%.

Oleh sebab itu, pemilihan saham yang ampuh ialah hal penting untuk kalian yang mau menjadikannya sebagai dana pensiun. Jalani investasi semenjak awal untuk modal masa pensiun kalian nanti. Kalian dapat membeli produk investasi dengan mudah di Pluang. Mulai dari reksadana, emas, ETF sampai aset kripto secara online.

Author: allaboutbisnisblog

bisnis rumahan

Leave a comment