Jenis Jenis Waralaba Yang Bisa Kamu Coba Untuk Income Tambahan!

Bisnis waralaba ataupun franchise ialah salah satu jenis usaha yang terbilang cukup banyak diminati. Kenapa? Sebab, kita tidak perlu membangun brand dan mempersiapkan bermacam hal untuk dijual. Tetapi cukup mempunyai modal dan siap untuk langsung berbisnis. Untuk Kamu yang mau memulai bisnis waralaba ini, tetapi masih bimbang memastikan jenis apa yang akan diambil, pada peluang kali ini akan dibahas menimpa bermacam berbagai usaha waralaba yang sangat umum dan banyak dipilih di Indonesia.

Dengan harapan, data ini bisa membantu ada untuk lebih memahami tentang jenis jenis waralaba sebagai bahan pertimbangan aktivitas usaha nantinya. Saat sebelum terjun di dunia bisnis waralaba, ada baiknya Kamu mengenali istilah- istilah yang digunakan, seperti:

Franchisee: dikenal pula sebagai penerima waralaba. Ataupun pihak yang akan memakai dan menggunakan nama dan menjual produk dari pihak yang lain, dengan kata lain kita sebagai pebisnis waralaba.

Franchisor: pewaralaba ataupun pihak yang mengizinkan pihak yang lain untuk menjual, memakai hak dan memasarkan produk yang mereka miliki.

Jenis- Jenis Bisnis Waralaba Secara Umum

Bagi produk yang ditawarkannya, bisnis waralaba dibagi ke dalam 3 jenis, ialah:

  1. Waralaba Produk

Sudah pasti bisnis waralaba yang satu ini akan menawarkan ataupun menjual suatu produk ataupun barang tertentu. Contoh yang biasa kita temui merupakan: minuman thai tea, coffee shop, fried chicken, kedai kebab dan lain sebagainya.

  1. Waralaba Jasa

Bila waralaba produk akan menjual produk dalam wujud barang, maka waralaba jasa sudah pasti menjual produk dalam bentuk layanan jasa tertentu. Contohnya: salon, tempat les ataupun pelatihan tertentu, dan lain- lain

  1. Waralaba Gabungan

Ialah jenis bisnis waralaba yang mengombinasikan antara waralaba produk dan jasa dalam penawaran produknya. Contoh: salon yang juga menjual dan mempunyai perlengkapan kosmetik sendiri.

Waralaba Berdasar Tempat Asal

Sedangkan itu, bila dipecah bersumber pada tempat asalnya, bisnis waralaba dibagi ke dalam 2 hal, ialah:

  1. Waralaba Mancanegara

Waralaba jenis ini akan menjual brand yang berasal dari luar negara. Contohnya: McD, KFC, dan yang yang lain.

  1. Waralaba Dalam Negeri

Jenis waralaba ini merupakan bisnis yang menjual produk hasil karya anak negara yang sudah mempunyai brand yang dikenal di benak masyarakat. Contohnya: indomaret, alfamart dan lain sebagainya.

Jenis Waralaba Bersumber pada International Franchise Association

Ada pula bisnis franchise bila dikelompokkan bagi International Franchise Association (IFA), ialah:

  1. Product Franchise

Ialah usaha waralaba dimana pemilik brand mempunyai kontrol penuh terhadap pihak yang menjual kembali ataupun mendistribusikan produknya. Umumnya, dalam konvensi antara pihak pemilik dan distributor ataupun pebisnis waralaba tersebut ada konvensi berbentuk pebisnis waralaba ataupun franchise dapat memperoleh hak untuk memakai merk dan hak ciptanya, tetapi lebih dahulu membayar beberapa uang tertentu.

  1. Manufacturing Franchisee

Jenis bisnis waralaba yang selanjutnya ini ialah hak yang dimiliki franchisee untuk membuat penciptaan produk dari brand tertentu yang dimiliki franchisor. Kita sebagai pebisnis waralaba mempunyai hak untuk menggabungkan ataupun memproses bahan baku yang sudah disediakan oleh pemilik brand tersebut.

  1. Business Opportunity Ventures

Dalam bisnis waralaba yang satu ini, kita diharuskan untuk membeli dan mendistribusikan ataupun memasarkan bermacam produk yang berasal dari industri tertentu.

  1. Business Format Franchising

Untuk jenis bisnis waralaba yang terakhir ini, dapat dibilang sebagai format yang merata ataupun lengkap. Dimana franchisee akan menjual produk kepunyaan franchisor dengan melakukan konvensi ataupun cara dan sistem yang disesuaikan dengan franchisor tersebut.

Setelah mengenali jenisnya, Kamu dapat membuka bisnis waralaba sesuai kebutuhan. Dengan konsistensi dan kerja keras, bukan tidak mungkin Kamu dapat jadi pebisnis franchise yang berhasil ke depannya.

Author: allaboutbisnisblog

bisnis rumahan

Leave a comment